Rio Ferdinand, Sang Legenda yang Memecahkan Rekor

sweeteventide.com – Siapa yang tidak mengenal nama pemain yang lahir di Peckham pada 7 November tahun 1978 ini? Ya, mantan bek tengah fenomenal klub kebanggaan masyarakat Inggris, Manchester United, ini telah menciptakan banyak gol dan prestasi selama bergabung dengan klub raksasa Inggris tersebut. Bagaimana perjalanan karir dan rekor mencengangkan Rio Ferdinand?

 

Perjalanan Karir Rio Ferdinand

Pemain yang memiliki tinggi 189 cm ini telah memulai karir sepak bola sejak kecil tepat pada tahun 1988 dari Milwall, Queen Park Rangers hingga akhirnya memulai debut profesional di Premier League pada tahun 1996 bersama West Ham United. Sejak saat itu banyak sekali rekor mencengangkan Rio Ferdinand yang berhasil diciptakannya selama bermain sepak bola.

 

Ia memenangkan Hammer of the year pada tahun selanjutnya hingga rekor mencengangkan Rio Ferdinand pada bursa transfer senilai 18 juta euro ke Leeds United.  Menjadi kapten tim membuat karir Rio Ferdinand semakin menanjkan hingga klub besar macam Setan Merah kembali membuat rekor mencengangkan Rio Ferdinand dengan biaya transfer yang fantastis senilai 30 juta euro pada tahun 2002.

 

Selama berkarir bersama Manchester United, nama Ferdinand sebagai center bek yang mengandalkan permainan yang tenang dan sederhana semakin gemilang. Presatasi yang berhasil diraihnya antara lain memberikan kontribusi dalam memenangkan tiga piala liga, piala dunia dan piala liga champion.

 

Pada tahun 2010, rekor mencengangkan Rio Ferdinandkembali lagi yaitu hanya melakukan pelanggaran sebanyak dua kali selama 1443 menit pertandingan. Sebuah fakta yang menakjubkan dan menunjukkan bahwa Ferdinand adalah seorang pemain bek tengah sepak bola yang selalu tenang dan memiliki antisipasi dari penyerangan kubu lawan. Jarang sekali ada pemain sepak bola yang tidak melakukan banyak pelanggaran seperti yang pernah dicatatkan rekor mencengakan Rio Ferdinand ini.

 

Meski akhirnya, penampilan Ferdinand dianggap kurang maksimal selama tahun 2009-2010 setelah gagal mengawal gol Fernando Torres kalau itu hingga kendapatkan teguran dari seorang Alex Ferguson. Namun Ferdinand termasuk salah satu pemain sepak bola terbaik yang pernah dimiliki oleh Inggris. Hal itu diungkapkan oleh Ferguson sendiri pada bek tengah yang telah bermain selama sebelas musim dengan Red Devil.

 

Keputusannya untuk gantung sepatu pada tahun 2015 lalu mungkin merupakan salam perpisahan yang patut diberi penghormatan dari pecinta sepak bola Inggris.Ia mengakhiri karir gemilang dengan klub terakhir yang pernah menjadi pelabuhan sebelum debut internasional saat masih junior dulu, Queen Park Rangers.

 

Rekor mencengangkan Rio Ferdinand yang dengan ciri khas permainan tenang saat membersihkan mulut gawang dari berbagai serangan, jarang melakukan pelanggaran, trofi yang pernah dipersembahkan hingga nilai tinggi dirinya dalam bursa transfer pantas dikenang dalam ingatan para penggemar sejatinya.